Sunday, May 6, 2007

Unveiling Claudia


Diterbitkan oleh UfukPress (2007
Pengarang: Daniel Keyes

Dinominasikan oleh The Mystery Writers of America untuk anugerah “Edgar Award” dalam kategori Kisah Kriminal Nyata Terbaik.

Columbus, Ohio: Di tengah malam bersalju yang dingin terjadi sebuah pembunuhan rangkap tiga. Mickey McCann, pemilik Mickey’s Eldorado Club, penari go-go yang tinggal bersamanya, dan ibu tua McCann—ditemukan tewas tertembak di dalam rumah mewah McCannPelaku kejahatan itu serta alasan yang melatarbelakangi pembunuhan tetap menjadi misteri selama satu bulan penuh. Sampai akhirnya seorang wanita cantik menghampiri dua polisi luar-dinas di sebuah restoran. Sehari kemudian, ia memberikan pengakuan tentang keterlibatan dirinya dalam peristiwa pembunuhan tiga orang tersebut dengan rincian yang tegas, jelas, dan menyakinkan. Claudia Elaine Yasko ditangkap atas tuduhan pembunuhan. Sebagai terdakwa, ia diseret ke pengadilan dan terancam hukuman mati. Namun peradilannya berjalan dalam kekalutan dan akhirnya gagal karena pembunuhan terus berlanjut, bahkan pada saat Claudia berada di balik jeruji.

Bagaimana mungkin ia mengetahui rincian pembunuhan tiga orang dari sepuluh rangkaian pembunuhan yang kemudian oleh pers dijuluki “Rangkaian Pembunuhan kaliber-.22”, kecuali bila ia memang berada di tempat kejadian? Kenapa ia mengakui sebuah kejahatan yang dapat membawanya berhadapan dengan hukuman mati?

Detektif yang menangani kasusnya berkata: “Sebelum aku mati, aku ingin tahu bagaimana Claudia mengetahui rincian tempat kejadian dan apa yang sebenarnya terjadi pada malam itu.” Setelah Keyes berhasil mengungkap misteri gadis itu, ia memberikan salinan pertama Unveiling Claudia kepada si detektif.